Mengenal Teknik Guntingan ala PSHT

Atlet pencak silat yang baik tentunya menguasai berbagai teknik dengan sempurna. Salah satu teknik yang harus dikuasai adalah teknik menjatuhkan lawan. Ada tiga macam teknik untuk menjatuhkan lawan yaitu teknik bantingan, sapuan dan guntingan.
Apa dan bagaimana teknik guntingan, berikut pelatih Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) UNS, Anggit membagikan tipsnya yang diperagakan oleh atlet PON Jateng, Nugroho.
Guntingan ini sangat efektif dilakukan jika posisi kaki lawan sejajar depan belakang. Untuk mulai menyerang bersiap dengan sikap pasang, yaitu kaki kanan di depan kaki kiri di belakang dengan posisi sejajar dan pasang kuda-kuda yang kuat. Tangan berada di depan dada. Untuk posisi awal fokus lebih pada kaki.
Gerakan selanjutnya adalah pukulan, gerakan ini hanya untuk mengejutkan dan mengatur jarak yang sesuai dengan posisi lawan. Arahkan tangan kanan ke depan dada lawan untuk memberi kejutan, gerakan itu dibarengi gerakan badan ke depan agar lebih rapat dengan lawan.
Selanjutnya masukkan kaki kanan di antara kedua kaki lawan dan langsung diikuti kaki kiri (kaki belakang) untuk mengunci/ menghimpit kaki depan lawan. Setelah posisi kaki mengunci putar pinggang ke arah belakang. Dengan rangkaian seperti itu lawan pasti akan ikut terjatuh.

Tidak ada komentar: